Email: desakemirian07@gmail.com

To Infinity and Beyond #SmartVillage and Official  Website from the Another Blog

Potensi Pertanian Kemirian


Pertanian merupakan salah satu potensi unggulan yang memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian di Desa Kemirian, sebagian besar pekerjaan warga desa kemirian adalah petani. Luas lahan pertanian di Desa kemirian sebesar 87% dari luas wilayah secara keseluruhan. Keadaan tanah di Desa Kemirian dikatakan subur sehingga potensi pertanian Kemiraian sangat bisa untuk dikembangkan kedepanya.

Desa kemirian memiliki 161,1 Ha lahan persawahan, 32,4 Ha lahan tegalan, dan 0,4 Ha kolam. Pengairan lahan pertanian di desa Kemirian berasal dari sumber mata air dan aliran sungai. Pengairan di Desa Kemirian sudah terbilang baik, infrastruktur irigasi sudah dibuat permanen sehingga pada musim kemarau air dan pengairan bukan menjadi masalah utama bagi petani.  Komoditas padi merupakan komoditas utama selain itu, di desa Kemirian petani juga menanam komoditas jagung, cabai, sawi, tembakau dan tebu. Pada lahan kering (tegalan) ditanam sengon atau tembakau.

Pola tanam yang dilakukan oleh petani di desa Kemirian sebagian besar pola tanam monokultur dan sebagian kecilnya menggunakan pola tanam tumpangsari. Pengendalian hama dan penyakit yang digunakan oleh petani masih menggunakan pestisida kimia. Hal tersebut masih menjadi masalah yang terjadi karena petani masih kurang pengetahuan dan kesadaran akan pengendalian hama dan penyakit yang ramah lingkungan. Masalah tersebut ditambah dengan petani juga belum menerapkan pemupukan berimbang.  Masalah-masalah tersebut muncul karena latar pendidikan petani rendah juga ilmu bertani di masyarakat kemirian masih dajarkan secara turun menurun.

Masyarakat desa Kemirian selain bertani juga berternak. Hewan ternak yang banyak ditemukan di Desa Kemirian adalah sapi, kambing, ayam dan bebek. Selain perternakan di desa kemirian ada pula perikanan seperti budidaya ikan mujair dan lele. Potensi desa kemirian yang ada harapanya dapat dikelola dengan baik agar dapat mensejahtraakan masyarakat desa Kemirian.

Berikan Komentar Anda?

Berikan komentar

Lewat ke baris perkakas