Email: desakemirian07@gmail.com

To Infinity and Beyond #SmartVillage and Official  Website from the Another Blog

Penyuluhan Internet Sehat dan Cerdas di SDN Kemirian 1


Tim KKN 210 Kemirian, yang diwakili oleh Ucha Jaya S., Nur Aningsih, dan Aqiyas M. Dikri memberikan penyuluhan mengenai internet sehat dan cerdas kepada murid kelas 1 hingga 6 SDN Kemirian 1. Topik tersebut dipilih berkenaan dengan tema KKN mereka yaitu Desa TIK. Sementara jenjang pendidikan formal tertinggi di Kemirian adalah SD, sehingga siswa SD lah yang menjadi objek sasaran penyuluhan.

Sabtu ini, 18 Agustus 2018, acara dimulai pukul 10.00 WIB selepas jam istirahat. Ruang kelas 4 yang cukup luas pun dipilih. Meski sedikit berdesak-desakan, mereka benar-benar menyambut baik kedatangan “KKN”, begitu mereka menyebutnya jika belum mengetahui nama mahasiswa Unej yang hadir. Adik-adik murid SDN Kemirian 1 terlihat amat bersemangat dengan agenda ini. Saat video materi diputar, beberapa dari mereka aktif bertanya meskipun belum dibuka sesi tanya jawab. Poin-poin dari materi yang disampaikan ialah: sejarah dan definisi internet, manfaat internet, cara menggunakan internet dengan baik, hal-hal yang harus dihindari saat menggunakan internet, dan jenis-jenis media sosial.

Tim KKN 210 membawa 12 hadiah untuk memeriahkan sesi kuis. Ada 12 pertanyaan, untuk 12 orang yang mengangkat tangan tercepat, yang diajukan pada adik-adik untuk menguji pemahaman mereka. Jika soal terjawab dengan benar, maka si penjawab berhak menerima sebuah hadiah. Penyuluhan selesai pukul 10.53 WIB. Selanjutnya tim KKN 210 bercengkerama sebentar dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak SDN Kemirian 1 dan kemudian meninggalkan sekolah tersebut.

Penyerahan hadiah pada adik yang berhasil menjawab kuis.
Foto oleh: Nur Aningsih

 

Penulis: Nur Aningsih

Berikan Komentar Anda?

Berikan komentar

Lewat ke baris perkakas