Email: desakemirian07@gmail.com

To Infinity and Beyond #SmartVillage and Official  Website from the Another Blog

Gladeng atau ladeng, Musik dan Irama lokalan khas desa Kemirian


Instrumen musik yang tersusun atas bamboo berderet yang dipukul macam saron dan kenong khas jawa ini namnun menggunakan susunan bamboo yang tertata bertautna bernada tinggi sedang dan rendah. Alat musik sebangsanya di Madura seperti Musik Tong tong dan sronen khas Madura, namun jelas instrument music ini lebih sederhana.

Ditenah berkembangnya zaman yang kian maju, music ini perlahan mulai ditinggalakan, namun berkat Bapak Buhar, Kepala Dusun Silowogo-Kemirian sekaligus pimpinan dan pembina orchestra klasik ladeng ini menyebut, seringkali juga diundang di acaraacara hajatan seperti penikahan, khitanan, acara melepas merpati dan semacamnya.Gludeng biasanya diundang di desa desa sekitar seperti Karangmelok, Maesan dan daerah sekitaran atau luar Bondowoso.

Musik ini bertalu-talu  menggambarkan perasaan gembira dan biasanya diiringi biduanita yang menyanyikan lagu khas Madura. “biasanya kami latihan, tergntung situasi dan kondisi. jika ada yang mengundang kami intensif latihan, kalau tidak ada ya libur.” Kata Bapak yang tidak bisa disebut namanya, Tanya Prasetyo, salah satu mahasiswa KKN UNEJ saat mewancarainya di Festival Latber Desa Pocangan, Jember.

 

Penulis: Guntur Prasetyo

Berikan Komentar Anda?

Berikan komentar

Lewat ke baris perkakas